Tentang Program Studi

icon front default1

 

Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatra Utara (USU) pada awalnya merupakan Jurusan Bahasa Arab yang dibuka pada tahun akademik 1980/1981. Pada tahun 1980 tersebut jumlah mahasiswa angkatan pertama berjumlah 11(sebelas) orang yang terdiri atas 7(tujuh) mahasiswa dan 4(empat) mahasiswi. Jurusan ini baru menghasilkan lulusan pada tahun 1986.


Pada tahun 1984 berdasarkan izin penyelenggaraan pendidikan yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Program Studi Sastra Arab (S-1) Nomor : 131/ DIKTI / Kep / 1984 Tanggal 2 Nopember 1984 jurusan ini dibakukan menjadi Program Studi Sastra Arab.


Selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi administratif yang dilakukan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan penyelenggaraan program studi ini diberi nama Program Studi Sastra Arab berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 208 / DIKTI / Kep / 1996. Program Studi Sastra Arab sudah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional karena telah memenuhi persyaratan untuk itu.dan mendapat nilai A pada tahun 2009-2014 berdasarkan SK BAN PT Nomor. 01/BAN-PT/AK-XII/S1/III/2009. Nilai A pada tahun 2015-2020 berdasarkan SK BAN PT Nomor. 502/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015.


Program Studi Sastra Arab yang telah berjalan selama ini telah menjalin silaturahmi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi Jakarta melalui Lembaga Pengajaran Ilmu Agama Islam dan Bahasa Arab (LIPIA) Perwakilan Universitas Ibnu Saud di Jakarta pada tahun 1985. Kemudian dengan Universitas Islam Madinah serta Atase Pendidikan KBRI Jeddah, Kedutaan Besar Marokko, Assiut University Mesir, Al Zaiem Al Azhari University –Sudan, Jamiah Ibnu Saud King Saud University Saudi Arabia dan Universitas Babilonia Irak. Hasil hubungan kerjasama ini diperoleh MOU dan realisasinya seperti kuliah umum, seminar internasional bahasa Arab, workshop dan bantuan buku-buku. Namun disayangkan, buku-buku tersebut hanya sedikit yang dapat dijadikan literatur dalam proses belajar-mengajar dan selebihnya adalah merupakan literatur dalam bidang Ilmu Agama Islam dan budaya.


Sebagai sebuah institusi, Program Studi Sastra Arab dalam meningkatkan kualitas, seluruh staf pengajarnya telah melanjutkan studi ke jenjang strata-2 dan sebagian sudah memperoleh strata-3. Saat ini jumlah staf pengajarnya ada 14 orang dan yang telah berpendidikan strata-3 ada berjumlah 6 orang dan 2 orang lagi sedang mengikuti pendidikan strata-3 di USM Pulau Pinang dan USU.


Di samping itu para staf pengajar Program Studi Sastra Arab juga selalu mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh berbagai institusi dan universitas/Perguruan Tinggi dalam rangka untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar, serta diikuti pula dengan mengikuti seminar-seminar kebahasaan baik di dalam maupun di luar negeri.


Para Staf Pengajar Program Studi Sastra Arab dalam mengembangkan keilmuannya setiap tahun melakukan penelitian kebahasaan, baik penelitian melalui riset kepustakaan ataupun lapangan. Demikian juga halnya dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.


Alumni Program Studi Sastra Arab sudah banyak yang mengabdikan ilmunya di masyarakat. Kebanyakan mereka berprofesi sebagai guru bahasa Arab di sekolah-sekolah. Bahkan ada juga yang menjadi staf pengajar di perguruan tinggi. Selain itu mereka ada juga yang bekerja di perusahaan-perusahaan swasta seperti bank syariah, anggota legislative DPRD Sumut dan jurnalis di media TV sebagainya.